Selamat Datang

UPT Pengembangan Laboratorium dan Teknologi Universitas Amikom Purwokerto

Rabu, 22 Juli 2015

Cara Mengamankan File di Windows 8

  • 00.38
  • by
Perkembangan sistem operasi semakin kesini semakin memperhatikan penggunanya, salah satu tool yang diberikan windows yang satu ini adalah cara mengamankan file dari hak akses yang tidak diinginkan. Tujuan keamanan file adalah mengamankan data agar tidak di akses oleh orang lain, memberikan keamanan pada file sangatlah baik untuk kemudian hari.

Sistem operasi Windows 8 sendiri merupakan pengembangan dari sistem operasi terdahulu agar sistem tersebut dapat dinikmati oleh banyak orang, sistem filenya masih menggunakan NTFS untuk mengatur sistemnya.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips cara mengamankan file atau data yang anda miliki agar tidak diakses oleh orang lain, banyak orang tidak menggunakan fasilitas ini dikarenakan mengganggap bahwa data yang dimilikinya tidak penting dan setelah ada kejadian seperti pencurian komputer yang melibatkan data baru orang akan mengganggap datanya ada yang penting.

Tips Mengamankan File

Dari permasalahan diatas, apabila ada kejadian seperti itu maka untuk mengamankan data anda adalah dengan memproteksi hak akses agar orang tidak dapat membuka-buka data yang ada didalam komputer yang dicuri. 

5 Cara Mengamankan Komputer Anda
  1. Kunci BIOS komputer anda
  2. Proteksi Administrator dan User 
  3. Proteksi Local Drive
  4. Kunci Folder data Anda
  5. Mengamankan File Anda
Dari kelima cara mengamankan komputer tersebut sebenarnya masi ada cara lain yang harus diamankan oleh anda agar data-benar-benar aman dari gangguan orang lain yang tidak berkepentingan mengakses data anda. Dan pada kesempatan ini saya ingin membahas yang nomer lima yaitu mengamankan File Anda di Windows 8.

Cara Mengamankan File Anda
  1. Silakan anda nyalakan komputer anda
  2. Dan silakan anda menuju ke Explorer
  3. Langkah selanjutnya silakan pilih file yang dianggap penting banget oleh anda
  4. Klik kanan pada file tersebut.
  5. Silakan anda pilih Properties
    Cara Mengamankan File di Windows 8
  6. Setelah itu akan muncul kotak dialog Properties lalu silakan anda klik tab Security untuk mengatur keamanan tambahan pada file.
    Cara Mengamankan File
  7. Lalu aktifkan kursor di Authenticated User dan silakan klik Edit
  8. Pada Pemissions for Authenticated silakan anda Cecklist pada Denny
    Tips Cara Mengamankan File di Windows 8
  9. Pada langkah terakhir silakan anda klik Apply lalu OK
Selamat anda berhasil mengamankan file anda dari orang yang tidak berkepentingan untuk membuka file anda, ingat! cara tersebut hanya diterapkan bagi orang yang tidak tahu cara tersebut dan jika orang yang tahu cara membuka ya pastinya dapat membuka file anda. Terus solusi yang aman bagai mana? solusi yang aman anda harus menerapkan nomer 3 yaitu memproteksi local drive yang dianggap penting atau tempat penyimpan data anda. 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

UPT PLTI Universitas Amikom Purwokerto
0281 623321 call LT 4
Jl. Let Jen Pol Sumarto - Watumas, Purwokerto

Kirim Pesan Ke UPT PLTI