Selamat Datang

UPT Pengembangan Laboratorium dan Teknologi Universitas Amikom Purwokerto

Rabu, 08 Juli 2015

Mengenal 5 Jenis Case Komputer

  • 01.00
  • by
Mengenal 5 Jenis Case Komputer- Apabila anda ingin merakit komputer sebaiknya mengenal terlebih dahulu jenis-jenis case agar sesuai dengan tempat yang sudah anda siapkan, tidak besar, tidak kecil dan andapun puas dengan jenis case yang anda beli. Fungsi dari case sendiri sudah saya jelaskan minggu yang lalu dengan judul mengenal casing untuk kebutuhan merakit.

Case ini termasuk komponen utama dari perangkat keras seperti motherboard, processor, harddisk, memori (RAM), power supply dan lainnya, untuk kebutuhan perakitan terutama case sudah banyak jenis dan bentuknya menyesuaiankan ukuran perangkat yang ada didalam.

Berikut jenis-jenis Case berdasarkan ukuran

1. Full Tower

Case jenis ini paling tinggi hingga 90 cm, cenderung paling berat dan dilengkapi dengan power supply yang paling tinggi serta biasanya mempunyai minimal 6 drive bays atau lebih. Denan tipe ini anda dapat memasukkan perangkat-perangkat dengan ukuran besar seperti motherboard dan VGA sesuai dengan ukuran yang beragam, lebih banyak ruang kosong sehingga pendinginan paling baik.

Full Tower


2. Mini Tower

Merupakan casing tower yang berukuran kecil, tingginya bisa kurang dari 36 cm dan dilengkapi dengan power supply 200-300 watts. Tipe case yang satu ini sangat mungil dan hemat tempat, akan tetapi sangat terbatas dalam hal penempatan perangkat PC. Dan sistem pendingin relatif baik dibandingkan dengan casing desktop, case ini sangat cocok dengan ukuran yang minimalis dan tidak memakan tempat.

Mini Tower


3. Mid Tower

Case jenis ini paling banyak dipakai yang dilengkapi dengan power supply 200-350 watts, pendingin yang cukup untuk kebanyakan sistem dan biasanya dapat diisi antara 2-4 optical drive dan harddisk.

Mid Tower


4. Small Form Factor (SFF) Case

Case jenis ini sangat simple, tidak memakan tempat, case ini didesain khusus untuk mini PC dan sangat berbeda dengan case yang lainnya.

Small Form Factor (SFF) Case


5. Slim Line Case

Case model ini hasil modifikasi dari model mid tower yang ditipiskan dan tata peletakan optical drivenya dirubah menjadi vertical. Case jenis ini juga sangat simple dapat ditempatkan di sebelah monitor atau dibawah monitor.

Slim Line Case


Semoga bermanfaat.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

UPT PLTI Universitas Amikom Purwokerto
0281 623321 call LT 4
Jl. Let Jen Pol Sumarto - Watumas, Purwokerto

Kirim Pesan Ke UPT PLTI