Selamat Datang

UPT Pengembangan Laboratorium dan Teknologi Universitas Amikom Purwokerto

Minggu, 06 November 2016

Tips Mengatasi Troubleshooting Hardware Komputer

  • 18.24
  • by
Tips Mengatasi Troubleshooting Komputer- Permasalahan komputer menjadi salah satu penghambat aktivitas kerja, dimana pada saat komputer sedang digunakan tiba-tiba tanpa diminta komputer mengalami permasalahan yang cukup serius dan alhasil kita mungkin menjadi panik akan masalah tersebut. Jika yang terjadi cukup serius pada komponen hardware yang pastinya perlu penanganan yang cukup serius dan segera untuk memperbaikinya.

Permasalahan-permasalahan Hardware komputer yang perlu anda ketahui agar dapat ditangangi secara cepat, diantaranya sebagai berikut:

1. Kerusakan Pada Matherboard

Cara Mengatasi Troubleshooting Hardware Komputer
Matherboard
Apabila kerusakan yang terjadi pada matherboard maka segera mungkin untuk diatasi, gejala yang ditimbulkan pada saat komputer dinyalakan tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator di panel depan menyala terus, monitor berkedip-kedip terus, sedangkan kipas power supply dan kipas processor berputar, serta tidak ada suara beep di speaker.

Solusi: jika anda mendapati permasalah diatas langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melepas semua kabel power yang terhubung dari listrik ke semua komponen komputer, kabel monitor, kabel key/mos serta kabel-kabel yang menancap dilepas semua. untuk langkah selanjutnya silakan semua sekrup penutup casing dilepas dan lepas semua komponen yang ada di dalam casing dari ram, processor.

Setelah langkah tersebut sudah anda lakukan maka silakan anda lakukan cek satu persatu komponen yang tadi anda lepas serta membersihkannya, untuk langkah berikutnya silakan anda pasang satu persatu komponen yang tadi sudah anda lepas dan bersihkan.

Apabila tidak ada tanda-tanda komponen yang rusak pada matherboard bisa jadi masih bagus, akan tetapi ada juga permaslahan pada matherboard yang rusak karena program yang terdapat pada BIOS yang bermasalah. Solusi untuk mengatai hal tersebut silakan anda lakukan dengan mengupgrade sistem program BIOSnya.

2. Kerusakan Pada Harddisk

Jika anda mengalami permasalahan pada Harddisk sebaiknya anda juga mengeceknya dan untuk lebih detailnya bisa anda baca pada artikel Tips mengatasi permasalahan pada harddisk.

3. Kerusakan Pada Power Supply

Power Supply sendiri memiliki fungsi untuk mengubah tegangan listrik dari AC ke DC dengan tujuan agar besarnya arus listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh daya yang dihitung oleh satuan watt, komponen yang satu ini juga rawan terhadap kerusakan yang terkadang tanpa kita sadari mengalami permasalahn yang cukup serius.

Cara Mengatasi Troubleshooting Hardware Komputer
Power Supply
Jika ada permasalahan pada saat dihidupkan PC tidak bereaksi dengan baik, tidak dapat menampilakan gambar dimonitor, tidak ada lampu indikator yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala.

Solusi: Periksalah apakah kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya atau tidak, periksa juga apakah tombol on/off dibelakang Power Supply sudah dalam posisi On dan jika sudah yakin terpasang dengan benar tetapi tidak tetap tidak respon dengan baik maka solusi selanjutnya dengan cara mengganti Power Supply.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

UPT PLTI Universitas Amikom Purwokerto
0281 623321 call LT 4
Jl. Let Jen Pol Sumarto - Watumas, Purwokerto

Kirim Pesan Ke UPT PLTI