Selamat Datang

UPT Pengembangan Laboratorium dan Teknologi Universitas Amikom Purwokerto

Senin, 02 Februari 2015

Harddisk sebagai Media Penyimpanan Sekunder

  • 17.49
  • by
Harddisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data akan tersimpan pada media ini, piringan metal yang berputar dan terintegrasi dengan pulsa magnetik.  Data akan disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut trek, tiap di bagi dalam beberapa segmen yang di kenal dengan sector.

Apabila anda melakukan proses pengetikan atau penyimpanan data dari pririingan, maka harddisk akan menggunakan head untuk melakukannya pembacaan dari setiap proses yang dilaluinya. Head inilah yang akan melanjutkan pergerakkan mencari sector tertentu untuk melakukan pengoperasian terhadapnya, sehingga data dapat dibaca dan disimpan.

Dari waktu yang diperlukan untuk mencari sector di sebut seek time, selanjutnya sector yang diinginkan akan berputar untuk mencari trek dan waktu yang diperlukan ini disebut latency. Harddisk didesain sedemikian rupa dengan tujuan untuk penyimpanan data yang maksimal dan dapat dibaca kembali serta memiliki kapasitas yang besar.

harddisk

Hal ini didasari berbagai informasi yang begitu banyaknya sehingga membutuhkan penyimpanan data yang besar pula, untuk perkembangan teknologi penyimpanan ini sudah dapat memenuhi kebutuhan penggunannya. Disamping sebagai penyimpanan harddisk juga memiliki akses kecepatan transfer datanya agar tidak membuat report para pemilikinya jika proses pentransferan mengalami keterlambatan atau gagal.

Bila komputer tanpa adanya harddisk maka akan berbeda fungsinya, dimana harddsisk sangat dibutuhkan sebagai media penyimpanan data. Dan harddisk sendiri dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan interface yang digunakan;
  1. IDE [ Integrated Drive Electronics ], atau dikenal dengan sebutan ATA [ Advanced Tchnology Attacchment ] yang merupakan desai interface harddisk dengan sebuah controller yang terintegrasi di dalamnya, dimana harddisk memiliki kemampuan untuk memberikan informasi karakteristik harddisk untuk sebuah keperluan plug and play serta dapat meningkatkan kecepatan akses. Harddisk tipe ini juga dikenal dengan istilah PATA [ Parallel Advanced Technology Attachment ] karena bekerja dengan sistem parallel.
  2. SATA [ Serial Advanced Technology Attachment ], merupakan harddisk yang digunakan untuk satu buah harddisk saja dan tidak seperti pada jenis ATA, dengan satu koneksi maka bandwidth tranmisi dapat lebih maksimal pada harddisk jenis SATA dibandingkan dengan ATA. Selain perbedaan pada jenis kabel data yang digunakan harddisk SATA juga menggunakan kabel power yang berbeda pula dengan harddisk jenis ATA.
  3. SCSI [ Small Computer System Interface ], harddisk jenis ini sering dipakai pada server dengan kapasitas yang besar dan dalam hal ini juga menggunakan kartu tambahan I/O card yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara harddisk dengan motherboard.
Demikian penjelasan sedikit mengenai Harddisk sebagai Media Penyimpanan Sekunder , semoga dengan artikel diatas dapat membantu para pencari informasi tentang hardware komputer.

Baca Juga : Istilah dalam Menggunakan Harddisik

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

UPT PLTI Universitas Amikom Purwokerto
0281 623321 call LT 4
Jl. Let Jen Pol Sumarto - Watumas, Purwokerto

Kirim Pesan Ke UPT PLTI